Perusahaan Apple Inc.
1. Tahap Perkenalan / Introduction
Pada tahap umumnya produk yang baru diciptakan belum dikenal dan diketahui oleh target konsumen sehingga dibutuhkan pengenalan produk kepada target pasar dengan berbagai cara. Namun ini berbeda dengan perusahaan Apple. Sebelum melemparkan produk di pasaran, Apple biasanya mengeluarkan rumor tentang jenis produk yang akan dikeluarkan. Ini merupakan daya tarik yang besar bagi Apple. Disaat produk lain belum dikenal di pasaran saat lounchingnya, namun produk apple sudah sangat ditunggu kehadirannya. Rumor tentang produk baru biasanya membuat konsumen target merasa penasaran dan menimbulkan keingin tahuan memiliki dan membeli produk tersebut. Jadi pada umumnya produk Apple akan langsung terjual habis di Lounching pertamanya.
2. Tahap Pertumbuhan / Growth
Pada tahap ini konsumen sudah mengenal produk yang dikeluarkan perusahaan. Adanya promosi yang dilakukan Apple semakin meningkatkan jumlah penjualan dan laba yang diperoleh. Pada tahapan ini banyak penjual dan distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil keuntungan dari besarnya animo permintaan pasar akan produk apple.
3. Tahap Kedewasaan / Maturity
Di tahap ini produk perusahaan mengalami titik jenuh dengan ditandai dengan tidak bertambahnya konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu dan jumlah keuntungan yang menurun serta penjualan cenderung akan turun jika tidak dibarengi dengan melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Karena sudah banyak pesaing, para pedagang mulai meninggalkan persaingan dan yang baru tidak akan banyak terlibat karena jumlah konsumen yang tetap dan cenderung turun. Untuk menyikapi fase ini, yang biasanya ditunjukkan dengan sudah berkurangnya permintaan akan produk, Apple melakukan strategi yaitu memberikan potongan harga terhadap produk tertentu, atau mengeluarkan produk penyempurna dari produk yang sebelumnya. Misalnya pada iphone, dikeluarkan penyempurnanya yaitu iphone 3gs, iphone 4 dan bahkan iphone 4s. Produk penyempurna ini biasanya merupakan perbaikan dari produk sebelumnya baik dari segi desain maupun fitur. Penyempurnaan ini bertujuan untuk memperpanjang fase kedewasaan.
4. Tahap Penurunan / Decline
Pada kondisi decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati. Apabila perusahaan tidak menemukan strategi yang bisa meningkatkan penjualan dan memperpanjang masa hidup produk, maka pada akhirnya akan terjadi penurunan dan produk tak akan laku lagi di pasaran.
Referensi
http://herususilofia.lecture.ub.ac.id/2012/05/mata-kuliah-pengantar-administrasi-bisnis/comment-page-1/#comments